Pages

Rabu, 04 Mei 2011

Menghindari Bahaya Narkoba

     Pertama-tama saya akan menjelaskan arti definisi dan pengertian dari narkoba. Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya. Istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.
      Semua istilah ini, baik "narkoba" atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah di luar batas dosis.
     Menurutnya saya menghindari narkoba itu sebenarnya hal yang gampang gampang susah. Gampang jika kita memang pintar karena hanya orang bodoh yang memakai narkoba apalagi mengedarkannya, mengerti apa yang salah dan yang benar, dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Susah jika kita gampang terpengaruh dan tidak peduli akan masa depan kita sendiri.
     Katakanlah Tidak untuk narkoba karena narkoba hanya akan membuat kita menghambur-hamburkan banyak uang, menghancurkan masa depan, narkoba juga akan merusak kerja otak, susunan syaraf pusat, merusak ginjal, lever dan sebagainya. Jangan pernah mencoba walaupun hanya sedikit karena dari sedikit itulah akan menimbulkan kecanduan.

   
Berikut ini adalah tips untuk menghindari bahaya narkoba :
     1. Kuatkan Iman dan tingkat ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Narkoba hanya akan menambah dosa, merusak iman kita dan menjauhkan diri kita dari Tuhan Yang Maha Esa.
     2. Pandai-pandailah memilih teman. Sering kali seseorang terjerumus kedalam narkoba karena memilih teman yang salah, masuk ke dalam pergaulan yang salah. Jangan takut dianggap engga keren, dianggap penakut atau ledek-ledekan semacamnya karena justru yang memakai narkoba itulah yang engga keren, hanya akan membuat kulit kusam, dan hal-hal negatif lainnya. Jika ada seorang teman yang menawarkannya padamu, katakan tidak dan jauhilah orang sepeti itu. Teman yang baik tidak akan merusak masa depan temanny sendiri.
     3. Jangan pernah mencobanya, walaupun hanya sedikit kecuali atas perintah dokter atau demi pengobatan.
     4. Jangan menghindari masalah, selesaikanlah. Ada beberapa orang yang menjadikan narkoba sebagai pelarian dari masalahnya. Itu salah, amat sangat salah karena hanya akan menambah masalah bukan menyelesaikannya. Hadapilah masalah itu dan selesaikanlah, hidup itu memang selalu ada masalah jangan pernah menganggap bahwa masalah kita paling berat karena masih banyak orang-orang yang mempunyai hidup lebih menderita daripada kita tetapi dia masih bisa tersenyum.
     5. Pilihlah kegiatan yang bermanfaat dan tidak merugikan diri sendiri. Kita bisa mengembangkan hobi, ikut organisasi sosial, atau kegiatan bermanfaat lainnya.
     6. Selalu katakan TIDAK untuk narkoba. Narkoba hanya akan membuat kita rugi, masuk neraka, membuat kita cepat mati, dan ingat terdapat hukuman untuk penyalahgunaan narkoba apalagi pengedar narkoba. Lebih baik menghindarikan daripada mengobati.
   

0 komentar:

Poskan Komentar